"Assalamu'alaikum Wr. Wb." Selamat Datang, di Blog Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP Negeri 1 Kota Bogor. Created By: Rizal Dalil (Abu Abdillah)

Selasa, 09 April 2013

MABIT Kelas IX Tahun 2013



Menjelang UN, begitu banyak sekolah mengadakan beberapa kegiatan agar membantu para siswa menjadi lebih siap dalam menghadapi ujian, khususnya dalam bidang akademis.
Demikian pula halnya, dalam rangka persiapan dan pembinaan siswa kelas IX dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2012/2013 maka SMP Negeri 1 Kota Bogor telah mengadakan beberapa kegiatan untuk mempersiapkan para siswa dalam bidang akademis, yaitu sbb:
1.      Pelajaran Tambahan mata pelajaran yang di-UN-kan dan PAI
2.      Tes Uji Coba (TUC) Tingkat sekolah, Tingkat Kota, dan Tingkat Provinsi
3.      Pemadatan materi UN dari 8 kelas menjadi 12 kelas.
Namun, kesiapan mental. psikis, serta spiritual para siswa juga sangat diperlukan agar sukses UN. Oleh karenanya, banyak pihak sekolah yang mengadakan kegiatan "Motivation Training", ESQ, bahkan Hypnotherapy (teknik-teknik Hipnosis yang menyimpang dan termasuk "sihir kecil") yang mendatangkan para trainer dari luar yang tentunya menghabiskan uang jutaan rupiah. Kenapa harus mendatangkan trainer dari luar? Kenapa para Guru PAI tidak tampil ke depan menjadi trainer dan sekaligus motivator yang membimbing para anak didik agar semakin dekat kepada Allah SWT (Taqorrub ilallah), serta menanamkan semangat ikhtiar (belajar), berdo'a, serta tawakkal kepada Allah SWT?
Kita bisa mengadakan kegiatan-kegiatan yang insya Allah membuat mental dan spiritual para siswa semakin kuat agar sukses UN, bahkan dunia akhirat, misalnya dengan mengadakan kegiatan "Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT)", Do'a bersama (Muhasabah) pada H-3 sebelum UN di masjid atau sekolah. Selain itu, setiap pagi jam 07.00 s.d 07.15 sebelum UN para siswa tetap mengikuti pembiasaan Tadarus Al-Qur'an dan membaca Dzikir di pagi hari. Ketika kita membimbing para siswa semakin dekat kepada Allah SWT diharapkan mereka menjadi semakin tenang, sebagaimana firman Allah SWT:
"(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram." (QS. Ar-Ra'du [13]: 28)
  
Sehingga, untuk mempersiapkan para siswa secara mental dan spiritual maka SMPN 1 Kota Bogor  mengadakan kegiatan ”Malam Bina Iman dan Taqwa” (MABIT) Tahun 2013 M/1434 H yang diperuntukkan bagi 230 Siswa Muslim, yang insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal
Kelas
Pukul
Tempat
Sabtu s.d Ahad,
6 – 7 April 2013
Kelas IX-A s.d IX-D
16.00 (sore) s.d 08.00 (pagi)
SMPN 1
Kota Bogor
Sabtu s.d Ahad,
13 – 14 April 2013
Kelas IX-E s.d IX-H
16.00 (sore) s.d 08.00 (pagi)
 
 Materi-materi yang disampaikan dalam kegiatan MABIT di antaranya yaitu: Achievement Motivation Training (”7 Tips Gampang Menghadapi UN & Be a Succesful Person”), Sholat Berjama’ah, Tadarus Al-Qur’an, Qiyamul Lail, Muhasabah, Ice Breaking Games, Olah Raga dan Out Bound Games. Adapun agenda kegiatannya adalah sbb:
Jam
Materi/Kegiatan
Nara Sumber/
Penanggung Jawab
Tempat
16.00-16.30
Pembukaan Kegiatan
1. Rizal Dalil,
    M.Pd.I
2. H. Sueb, S.Pd.,
    M.Si
Ruang Aula/ Musholla
16.30-18.00
Achievement Motivation Training:
“7 Tips Gampang Menghadapi UN”
Kak Rizky/
Kak Anto
(Sudut Inspirasi)
Aula
18.00-18.15
Sholat Maghrib & Dzikir Berjama’ah
Rizal / Hasanuddin
Aula
18.15-18.30
Tadarus al-Qur’an


18.30-19.00
Makan Malam (Bekal masing-masing)
DKM & Sekbid1
Aula
19.00-19.30
Sholat Isya & Dzikir Berjama’ah
Ridwan, S.Pd
Aula
19.30-21.00
Achievement Motivation Training:
“Be a Succesful Person”
Rizal Dalil, M.Pd.I
Aula
21.00-02.30
Istirahat/Tidur Malam
Peserta
Kelas IPS-1 & IPS-2 (Akhwat)
Kelas Bio-2 & B.Ing-1 (Ikhwan)
02.30-03.30
Qiyamul Lail
Rizal / Hasanuddin
Aula
03.30-04.30
Muhasabah
Rizal Dalil, M.Pd.I
Aula
04.30-05.00
Sholat Shubuh & Dzikir Berjama’ah
Ridwan, S.Pd
Aula
05.00-05.30
Beres-beres (Urusan Pribadi)
Panitia & Peserta
Ruang Istirahat
05.00-07.00
Olah Raga & Out Bound Games
M. Lukman, S.Pd & Peserta
Lapangan dan Area Sekolah
07.00-07.30
Sarapan Pagi (Bubur Kacang Hijau + Roti Tawar)
Panitia & Peserta
Taman Sekolah
07.30-08.00
Operasi Semut dan Pulang
Peserta
Area Sekolah

Kalau dibandingkan dengan kegiatan yang serupa di sekolah lain dengan melibatkan bantuan pihak ketiga (tim Motivation Training dan Outbond) yang memakan biaya cukup besar (setiap siswa dibebankan biaya sebesar Rp. 500.000,00) maka MABIT SMPN 1 Kota Bogor terbilang sangat murah. Bahkan kegiatan tersebut diberikan secara Gratis. Karena kita bisa memanfaatkan SDM (guru) yang ada sebagai trainer, para siswa diwajibkan membawa makanan sendiri, serta kita bisa memanfaatkan area sekolah serta peralatan sederhana yang ada untuk kegiatan OutBound. Untuk urusan konsumsi, siswa diwajibkan membawa bekal sebagai berikut:
1.   Bekal Umum
Semua siswa diwajibkan membawa: Peralatan Sholat, Bekal makan malam & Snack secukup-nya, Baju muslim bebas, Baju olah raga, satu buah Mangkok, satu buah Sendok, dan Sandal. 
2.   Bekal Khusus
Khusus untuk sarapan pagi (Bubur Kacang Hijau + Roti Tawar), maka diwajibkan setiap siswa sesuai kelasnya agar membawa:
JENIS BAHAN MAKANAN
KETERANGAN
1/4 Kg Kacang Hijau
Setiap Siswa (Akhwat & Ikhwan) Kls. IX-A dan IX-E
1/4 Kq Gula Pasir
Setiap Siswa (Akhwat & Ikhwan) Kls. IX-B dan IX-F
15 Bungkus Roti Tawar (ukuran panjang)
(Patungan) Kelas IX-C dan IX-G
1 Bungkus Santan Instan (”KARA”)
Setiap Siswa (Ikhwan) Kls. IX-D dan IX-H
1 Bungkus Coklat “CERES”/Mentega
Setiap Siswi (Akhwat) Kls. IX-D dan IX-H

Berikut ini photo dokumentasi kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) SMPN 1 Kota Bogor Tahun 2013:






 
 Respon dari para siswa dan orang tua siswa sangat positif terhadap kegiatan MABIT, dimana begitu banyak siswa yang menilai bahwa kegiatan tersebut Sangat Menarik dan Penting untuk dilaksanakan. Selain itu, beberapa orang tua siswa menyempatkan hadir pada malam harinya serta membantu dalam hal konsumsi para siswa. 
Hadir pada kegiatan MABIT tersebut para wali kelas dan beberapa guru sebagai panitia, bahkan mereka menginap, menemani para siswa di sekolah sehingga diharapkan akan terjalin hubungan yang semakin dekat dan akrab antar para siswa dengan guru. Kegiatan MABIT juga berfungsi sebagai refreshing bagi para siswa yang sudah begitu "penat" dalam belajar. Sehingga ketika disetting kegiatan-kegiatan yang menarik dan menantang seperti Ice Breaking, GameOutbond, dll diharapkan membuat siswa semakin solid dan percaya diri/optimis dalam menghadapi UN.
Adapun beberapa testimoni (kesan dan pesan) dari siswa adalah sbb:
”MABIT seru banget. Materinya membantu persiapan mental buat UN dan membentuk akhlak yang lebih baik. Kekeluargaannya terasa, apalagi pas tidur malam dan sarapan pagi. Semoga MABIT tahun depan lebih seru dan lebih baik. Amiin....
”Kesan: Wow! Subhanallah menarik sekali! MABIT-nya asik, banyak hal yang tak terduga terjadi di MABIT ini. Menyenangkan, bareng teman-teman dan tidak lupa beribadah. Pesan: Tingkatkan lagi keseruan MABIT-nya! Perbanyak kegiatan seperti ini, terutama untuk kesiapan kelas 9 menghadapi UN.”
”Mntab! Harusnya 2 malem Pak! Manfaatnya banyak.”
Seru banget! Bisa dapet pengalaman dan ilmu baru. Tapi, Muhasabah dan Games-nya kurang lama, he he he. Oh iya, makanannya juga enak! Terima kasih buat Bapak dan Ibu guru yang udah membuat acara ini. Terima kasih juga buat anak DKM dan Sekbid1
”Sangat menyenangkan, mendapat materi-materi yang tidak didapatkan dari pelajaran di sekolah, semangat untuk belajar meningkat, dan membuat kami solid.”
”Sangat berkesan. Unforgettable. Banyak hikmah. Jadi sadar akan kewajiban. Outbond-nya seru. Harusnya ada Jurit Malam, biar lebih seru! Tapi overall: Seru, menyenangkan, dan bermanfaat!
”Kesan: Menurut saya, MABIT kali ini menyenangkan, lebih menambah motivasi untuk UN dan bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah dan lebih mandiri karena jauh dari orang tua. Pesan: Harap fasilitasnya lebih dikembangkan lagi.”
”Mohon kurangi jam tidur. Mohon menepati jadwal. Banyak orang menangis pertanda Muhasabah materi MABIT terjitu. Saya sangat suka MABIT kali ini. Sangat berkesan!”
“MABIT-nya seru Pak, tahun depan harus ada lagi ya Pak…. Banyak manfaat yang bias diambil dari kegiatan MABIT ini Pak. Jadi lebih termotivasi untuk menghadapi UN dan bias meningkatkan kesadaran untuk sholat, berdo’a kepada Allah SWT, dan lebih berbakti kepada orang tua. Terima kasih Pak….!!”
"Kegiatan ini sangat sekali berkesan dan mungkin menjadi kenangan bersama teman-teman, guru-guru, dan sekolah, dan kegiatan ini sangat bermanfaat dunia akhirat, menjadikan kita lebih baik lagi. Semangat dunia akhirat! Allahu Akbar!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Al-Quran Display