"Assalamu'alaikum Wr. Wb." Selamat Datang, di Blog Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP Negeri 1 Kota Bogor. Created By: Rizal Dalil (Abu Abdillah)

Senin, 19 April 2010

Bedah Buku: "Mukjizat Sains dalam Al-Qur'an dan Al-Hadits"

A. PENDAHULUAN

Islam adalah ajaran sempurna yang menganjurkan umat manusia agar senantiasa menuntut ilmu. Hal ini dapat terlihat dalam wahyu yang pertama kali diturunkan Allah SWT kepada Rasulullah SAW, yaitu sbb:

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ .خَلَقَ الإنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ....

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah....” (QS. All-’Alaq [96]: 1-5)

Dari ayat di atas, jelaslah bahwa kita dituntut untuk belajar atau iqro (membaca) ayat-ayat Qur’aniyah dan ayat-ayat Kauniyah (Alam sekitar). Karena orang yang berakal (ulil albab) adalah orang yang senantiasa tafakkur (memikirkan) apa yang ada di bumi dan langit sebagai tanda-tanda kekuasaan Allah SWT, sekaligus memberdayakan (membuat penelitian/penemuan) atas apa yang dikaruniakan-Nya itu untuk kemaslahatan ummat. Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS Ali Imron [3]: 190-191.

B. MUKJIZAT SAINS DALAM AL-QUR’AN DAN AL-HADITS

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, maka semakin banyak penemuan/penelitian yang membuka tabir misteri di alam semesta ini. Dan yang membuat kita berdecak kagum, dan semakin memperkuat keyakinan kita terhadap kebenaran ajaran Islam dan Al-Qur’an adalah ternyata banyak ditemukan fakta-fakta ilmiah yang sebenarnya telah tersurat/disebutkan dalam Al-Qur’an sejak 14 abad tahun yang lalu. Hal ini, sebagaimana firman Allah SWT:

سَنُرِيهِمْ آيَاتِنَا فِي الآفَاقِ وَفِي أَنْفُسِهِمْ حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُ الْحَقُّ أَوَلَمْ يَكْفِ بِرَبِّكَ
أَنَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ شَهِيدٌ

“Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al Qur'an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu?” (QS. Al-Fushshilat [41]: 53)

Adapun penemuan/fakta-fakta ilmiah yang menunjukkan tanda-tanda kekuasaan Allah SWT sebenarnya begitu banyak dan tak terhitung. Tapi yang baru diketahui berdasarkan penelitian kontemporer di antaranya adalah sbb:

v PROSES PENCIPTAAN MANUSIA

v TEORI BIG BANG

v EXPANDING UNIVERSE

v BUMI BERBENTUK BULAT

v ROTASI DAN EVOLUSI BUMI

v SINAR MATAHARI DAN CAHAYA BULAN

v GUNUNG ADALAH PASAK BUMI

v BUMI BOLONG

v KLOROFIL ATAU ASY-SYAJARUL AKHDHOR?

v ADA API DALAM LAUT

v SUNGAI DAN AIR TAWAR DI DALAM LAUT

v MAKKAH PUSAT BUMI

v JABAL MAGNET, MADINAH

v BATU GANTUNG

v FOSIL MANUSIA RAKSAKSA

v MOLEKUL AIR

v FIR’AUN

v BULAN TERBELAH

v KEBENARAN HADITS LALAT

v ADAB MAKAN DAN MINUM ISLAMI

v DAGING BABI

v THOHAROH NAJIS MUGHOLADHOH

v BERSIN VS MENGUAP

v HIKMAH SHOLAT, PUASA, JILBAB, DLL.

Berikut ini adalah sebagian penjelasannya:

Mr.Jacques Yves Costeau (seorang ahli oceanografer dan ahli selam terkemuka dari Perancis) mengadakan eksplorasi/penelitian di laut Cenote Angelita, Mexico. Disana, ia temukan ada sebuah gua. Ketika ia menyelam sampai kedalaman 30 meter, airnya air segar (tawar), namun saat menyelam sampai kedalaman lebih dari 60 meter, airnya menjadi air asin, lalu anda dapat melihat sebuah “sungai” di dasarnya, lengkap dengan pohon dan daun daunan.

Subhanallah, hal ini merupakan tanda kekuasaan allah SWT sebagaimana firman-Nya:

وَهُوَ الَّذِي مَرَجَ الْبَحْرَيْنِ هَذَا عَذْبٌ فُرَاتٌ وَهَذَا مِلْحٌ أُجَاجٌ وَجَعَلَ بَيْنَهُمَا
بَرْزَخًا وَحِجْرًا مَحْجُورًا

“Dan Dialah yang membiarkan dua laut yang mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi.” (QS. Al-Furqoon [25]: 53)


Berikut ini film-filmnya:








B. PENUTUP

Fakta-fakta ilmiah tersebut di atas merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah SWT yang sekaligus merupakan kemukjizatan Al-Qur’an sebagai Kalamullah. Maha Benar Allah dengan segala Firman-Nya....

Oleh karenanya, sudahkah Anda biasakan tadarus dan mentadabburi ayat-ayat Al-Qur’an setiap hari? Sudahkah kalian jadikan Al-Qur’an sebagai akhlaqmu dan diamalkand dalam kehidupan sehari-hari?....


Bogor, 17 April 2010

Abu Abdillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Al-Quran Display